Mengatasi Alergi Debu Dengan Membasmi Tungau di Tempat Tidur

Alergi di family saya ialah hal yang biasa, suami ataupun saya bersin-bersin menjadi urusan yang biasa, tetapi menjadi urusan yang tidak biasa andai yang bersin-bersin ialah anak saya si Narend. Saat ini Narend baru berusia 1 tahun 9 bulan, jadi belum bisa berkata jelas, jadi ketika dia bersin, saya tidak dapat bertanya sebabnya apa ke anak saya, andai bersin seringkali sih tidak apa-apa, terkadang Narend bersin hingga ingusan, yang kesudahannya biasa saya berikan obat tetes hidung guna anak-anak, yakni Breathy.

cek juga artikel tentang sedot tungau bandung

Namun, saya tidak inginkan terus-terusan bergantung dengan obat, masak sih sebab alergi mesti memakai obat Breathy terus menerus, jadi terbesit di benak saya "Kalau masih kecil laksana ini, bagaimana bila Narend telah dewasa? Jangan-jangan akibat alergi semenjak kecil dapat mengakibatkan penyakit lain ketika dewasa", kesudahannya saya dan suami membawa Narend ke dokter anak langganan kami di RS Mitra Keluarga Bekasi, sesudah di cek, dari fenomena bersin dan pilek ternyata Narend tidak sakit pilek, tetapi alergi yang diakibatkan oleh debu :( Jadi merasa bersalah, ngasih Breathy masa-masa Narend bersin-bersin dan ingusan.

Mengatasi Alergi Debu Dengan Membasmi Tungau di Tempat Tidur


Percakapan lengkapnya saya agak tak sempat (terutama nama alergi dampak debu kasur yang terdapat nama kedokterannya), kira-kira begini percakapannya.



Dokter Tissa (dokter anak), memberitahu bahwa "Pilek yang dirasakan oleh Narend bukan sebab sistem kekebalan tubuh Narend berkurang, tapi sebab alergi, dan seringkali 90% alergi berasal dari debu di kamar tidur". Tapi mengherankan juga sih, sebenarnya saya mengubah sprei dan sarung bantal masing-masing 2 minggu sekali tetapi Narend tetap kena alergi, langsung deh Dokter Tissa bilang "Mau mengubah sprei dan bantal secara periodik pun tidak ngaruh, sebab alergi itu disebabkan debu yang didapatkan oleh kutu/tungau pada kasur, jadi bila penyebabnya tetap disitu inginkan diganti spreinya pun tidak terlampau berpengaruh".


"Apakah kamu mau anak kamu menderita Asthma?", bila saya sih enggak, saya inginkan Narend tumbuh berkembang secara sehat. Nah ketika dokter Tissa bilang soal Tungau, saya jadi penasaran hewan seperti apa sih tungau yang biasa ngumpet di kasur ini.

cek juga blog kami tentang vacuum tungau bandung

Sekilas mengenai Tungau


Kalau menurut keterangan dari Wikipedia, Tungau ialah sekelompok fauna kecil (berukuran 0.3mm) bertungkai belakang yang bersama-sama dengan caplak dan fauna ini di antara avertebrata yang sangat beraneka aneka dan berhasil beradaptasi dengan sekian banyak  keadaan lingkungan. Ukurannya paling kecil sehingga tidak cukup menarik perhatian fauna pemangsa besar dan ia gampang menyebar.


Dan tungau paling senang hidup dengan insan loh, yang lazimnya memakan bekas kulit ataupun ketombe, dan yang terpenting lokasi tinggal kesayangan dari tungau ialah tempat istirahat :( Nah bila caplak itu ialah ektoparasit penghisap darah pada fauna avertebrata, contohnya yakni caplak anjing, caplak babi, dan sebagainya. Tapi tungau tersebut tidak sama jenisnya dengan kutu. Karena bila kutu biasanya ditemukan melulu pada unsur tubuh tertentu induk semangnya. 


Tungau tersebut jenisnya sampai kini ada 45 ribu dan diandalkan  sudah ada semenjak 400 juta tahun yang lalu, nah bila kamu penasaran debu yang terdapat pada kasur itu diakibatkan oleh tungau yang mana? Nah tungau yang biasa bermukim dikasur ialah Tungau Debu Rumah atau Dermatophagoides Pteronyssinus yang bentuknya laksana gambar diatas, serem gak tuh?

Tips Membasmi Tungau


Karena ukurannya yang kecil alias mikrokopis, tungau tidak dapat dibasmi dengan teknik biasa, jadi guna membasminya mesti menggunakan teknik yang luar biasa, dari hasil browsing di Internet, kesudahannya saya rangkum menjadi 5 tips ampuh memberantas tungau.

1. Ganti Sprei Kasur secara rutin

Ayo ngaku, siapa diantara anda yang ganti sprei masing-masing 1 bulan sekali? atau bahkan 2 bulan sekali? Kalau saya kan mengubah sprei kasur tiap 2 minggu sekali, menurut keterangan dari rekomendasiternyata sprei mesti diganti masing-masing 1 minggu sekali, dan yang terpenting saat membasuh wajib memakai air hangat atau air panas supaya tungau-nya tidak menempel pada sprei.

2. Gunakan Vacuum Cleaner

Kalau sprei telah tau solusinya pada nomor 1, bila kasur dulu orang tua saya tidak jarang mengajarkan guna menggotong kasur ke depan halaman kemudian di jemur dibawah sinar matahari. Jaman kini orang telah malas atau tidak punya masa-masa harus menggotong kasur masing-masing hari, lagipula yang bermukim di apartemen, sebab itu pakai vacuum cleaner guna menghilangkan tungau dan debu.

3. Gunakan Vacuum Cleaner berdaya sedot kencang

Hati-hati yah, tidak seluruh vacuum cleaner dapat digunakan guna menyedot tungau (salah satu misalnya vacuum cleaner guna lantai, ini tidak dapat digunakan guna menyedot tungau), melulu vacuum cleaner yang berdaya sedot besar dan mempunyai kepala cleaner eksklusif kasur yang dapat menghilangkan tungau dari kasur, intinya semakin kencang sedotannya, maka semakin bersih tungaunya.

4. Rajin mencuci Vacuum Cleaner

Walau anda rajin memakai vacuum cleaner untuk mencuci kasur, namun bila malas atau tidak pernah mencuci vacuum cleaner setiap berlalu dipakai, sama saja anda menumpuk tungau, karena tersebut carilah vacuum cleaner bagian-bagiannya dapat dicopot dan gampang untuk dibersihkan.

5. Bersihkan kasur secara rutin

Tips terakhir yang sangat penting, tidak melulu sprei yang mesti diganti tiap minggu, kasur pun harus tidak jarang di vacuum, sebisa barangkali kasur di vacuum paling tidak seminggu sekali bersamaan dengan anda mengubah sprei.

Wah-wah dari hasil browsing, dari 5 tips diatas, ternyata 3 tips membicarakan soal vacuum cleaner, jujur saja saya tidak mempunyai vacuum cleaner eksklusif kasur dirumah, adanya vacuum cleaner eksklusif lantai atau mobil. Jadi dapat diputuskan bahwa yang sangat utama ialah harus mempunyai vacuum cleaner yang berdaya sedot kencang dan gampang untuk dibersihkan.



Ini saatnya guna hunting vacuum cleaner di toko elektronik, guna tokonya bukan toko sembarangan, namun toko yang SPG-nya dapat menjelaskan secara rinci barang yang dipasarkan mulai dari manfaat, perbedaan dan selisih harga pastinya. Karena lokasi tinggal saya di Bekasi, toko yang paling sesuai untuk nanya-nanya ke SPG yang knowledge-well terdapat di Ace Hardware MM, BEST GMM dan Electronic Solution SMB, nah opsi saya jatuh ke BEST di Grand Metropolitan Mal (GMM), sebab paling dekat dari rumah.



Sudah nature-nya BEST, masing-masing orang yang masuk tentu langsung ditanya menggali apa, ya telah saya langsung bilang "Mau nyari vacuum cleaner untuk memberantas tungau di kasur", langsung saya disuruh menuju di antara counter brand  dn (pabrikan asal Amerika) yang dipakai untuk lantai dan korden serta (bisa) menyedot Tungau, waktu menyaksikan harganya selama 16.7 juta, WOW, yang sangat murah harganya 8.4juta, dalam hati berfikir, ini vacuum cleaner sama motor kok harganya sama yah, langsung saya bilang lagi "Mba bila vacuum cleaner yang memang khusus guna kasur trus berdaya sedot kencang dan pastinya dapat mengatasi bau terdapat gak mba?"



Waktu saya tanya, katanya "Maaf bu, tidak terdapat produk yang khusus guna menyedot Tungau, lagipula untuk menghilangkan bau, yang terdapat yah laksana Vacuum Cleaner guna lantai yang punya daya sedot kencang", masa-masa mendengar kata mba SPG-nya, saya dan suami menyimpulkan untuk ke MM atau SMB. Tiba-tiba datang SPG beda dan bilang bahwa "Bu, terdapat kok produk yang khusus guna menyedot kutu/tungau pada kasur dan mempunyai teknologi guna menghilangkan bau juga", wah antara SPG kok lain jawabannya masa-masa saya bilang begitu, langsung SPG-nya bilang "Produk ini baru datang 3 hari kemudian bu, jadi belum seluruh SPG di training tentang produk ini, jadi baru sejumlah SPG saja yang memahami produk ini, ayo bu anda lihat produk itu".

Oalah, ternyata produk baru toh, pantasan SPG yang kesatu tidak memahami produk ini :) Ya telah akhirnya saya dan suami mengekor SPG yang satu lagi dan mendarat di booth SHARP, lalu mengindikasikan sebuah perangkat yang mempunyai nama Sharp Plasmacluster Mite Catcher tipe EC-HX100. Seperti inilah ini penampakannya.


Dalam hati saya bertanya "Karena produknya baru selama 3 hari, jangan-jangan SPG ini tidak tahu detail mengenai produk ini", ini nih kira-kira pembicaraannya.




Tungau bertolak belakang dengan kutu-kutu lain, saat memakai Vacuum Cleaner biasa (yang guna lantai), walaupun daya sedotnya kencang, melulu mampu menyedot debu dan kotoran yang terdapat di kasur, tungau bakal tetap ada, sebab saat terdapat tarikan kencang dari vacuum cleaner, tungau bakal bertahan dengan berpegangan pada kasur, inginkan berapa kalipun di sedot, debu dikasur hilang tetapi tungau tetap ada. Dengan adanya angin hangat (sekitar 45 derajat) dari Sharp Plasmacluster Mite Catcher tungau yang awalnya berpegangan powerful pada kasur tidak banyak demi sedkit bakal kehilangan ekuilibrium dan kesudahannya tungau bakal di sedot oleh Sharp Plasmacluster Mite Catcher.


Berdasarkan hasil riset dari Sharp, ternyata udara panas paling tidak 40 derajat celcius dapat melepaskan pegangan mereka dari kasur, teknologi ini di sebut Heat Cyclone, yang mengalirkan udara panas yang berputar terus pada perangkat ini dan menciptakan tungau yang awalnya diam menjadi bergerak.



Hm... ternyata di samping adanya Heat Cyclone, perbedaan beda dengan Vacuum Cleaner guna lantai, terdapat sikat eksklusif yang berputar terus menerus guna menggetarkan kasur yang namanya Powerful Beater Brush. Dengan sikat ini maka ketika tungau perpegangan erat, udara panas yang menciptakan pegangan tungau menjadi lepas, diperbanyak getaran dari sikat yang terus menerus berputar selama 6000 putaran/menit.


Kalau anda melihat unsur yang saya beri kotak, nah tersebut yang namanya Beater Brush (yang warnanya merah, biru, putih), sikat tersebut akan berputar kencang, dengan gerakan memutar ini Tungau yang bandel bakal terlepas pegangannya dan kesudahannya tersedot ke dalam Mite Catcher. Kira-kira seperti inilah ini analoginya, udara hangat (45 derajat) akan terbit lalu Tungau bakal terlepas otomatis dan kesudahannya di sedot oleh Sharp Plasmacluster Mite Catcher.


Nah ini nih yang sangat saya suka dari teknologi suatu alat pembersih, tidak melulu mampu menyedot debu dan Tungau namun pun mampu menghilangkan bau yang membandel. Teknologi ini di Sharp disebut dengan Ion Plasmacluster, dari hasil Lab Sharp, kasur yang telah diberi komponen bau badan (nonenal) di usahakan alat ini di operasikan dengan gerakan lambat (10cm/detik) sekitar 1 putaran di atas kasur, hasilnya efek penghilang bau dengan 6 tingkat bau memutuskan bahwa bau hilang sampai tingkat yang tidak mengganggu.

Saking penasaran, waktu diterangkan oleh mba SPG, saya curi-curi seraya membuka Youtube, ternyata terdapat loh penjelasan tentang teknologi-teknologi diatas loh, buat anda yang penasaran gimana tungau dapat ditarik oleh perangkat ini, yuk nonton :)



Ini nih enaknya melakukan pembelian barang di BEST, disini SPG-nya dapat menjelaskan secara rinci dan yang terpenting dapat testing langsung loh.

Saat menyaksikan kesatu kali produk ini saya kira bentuknya tabung laksana vacuum cleaner beda yang portable, tetapi ternyata bentuknya bulat dan terdiri dari 2 unsur loh, jajaki lihat potret dibawah yang sebelah kiri saya kira itu dapat dilepas, ternyata yang dapat dicopot melulu tabung penampung debu dan tungau saja, guna bagian pegangannya menempel dengan unsur bawah (yang berwarna putih).


Bentuknya futuristik banget, canggih dan fungsional - Sumber: Pribadi

Mungkin anda bertanya-tanya, "Ini beneran vacuum cleaner guna menyedot tungau?" well, lihat saja potret dibawah. Tulisannya apa tuh "Mattress Cleaner Mite Catcher", nah membalas kan, perangkat ini memang dibuat untuk menyedot tungau, bukan laksana vacuum cleaner lain.


Tadinya saya berfikir, akan susah gerakin perangkat ini di kasur, ternyata tidak loh, handlenya cukup pas ditangan, kata SPG-nya "Seperti ibu memakai setrika guna baju, perangkat ini memang di desain laksana itu", wah canggih banget, dan beneran masa-masa saya coba, jadi seperti memakai setrika. Pengoperasiannya gampang loh, guna menghidupkan tinggal mengurangi tombol AUTO, guna mematikan mengurangi tombol OFF, simple kan. Dan asiknya terdapat indikator FILTER CARE, jadi bila filter pada perangkat ini telah saatnya untuk dimurnikan atau diganti, bakal di-indikasikan oleh lampu ini yang berkedap-kedip atau menyala terus, dapat dibilang paling informatif.


Untuk dayanya sendiri ternyata tidak laksana vacuum cleaner beda yang menjangkau 1000 watt loh, perangkat ini melulu 720 watt.



Jujur saja, waktu menyaksikan produk ini saya telah jatuh cinta tergolong waktu di demokan ketika menyedot debu pada kain berlapis, dimana debu yang diletakkan dibawah busa yang terdapat kainnya dapat tertarik hingga bersih :) Nah guna harga bila vacuum cleaner yang dapat menyedot debu dengan kencang berkisar 8-14 juta, dapat syok bakal harga perangkat ini, ehh ternyata enggak mahal-mahal amat kok, Sharp Plasmacluster Mite Catcher ini harganya melulu Rp. 3.729.000,- Kalau dilhat, beneran "New Arrival" kok produk ini :)


Hitungannya lumayan murah untuk suatu alat efektif guna menyedot tungau serta menghilangkan bau pada kasur. Bayangan berapa ongkos yang mesti anda keluarkan ketika anggota family kita merasakan alergi dampak tungau dikasur, tidak melulu biasa, namun pun waktu guna datang ke dokter. Kalau saya individu lebih suka menerbitkan uang lebih di depan supaya kesehatan kami sekeluarga terbebas dengan yang namanya alergi.



Oya, buat anda yang penasaran, laksana apa perangkat ini ketika bekerja, inilah ini video masa-masa saya mengupayakan produk ini.



Sharp Plasmacluster Mite Catcher ini memang produk unggulan dari Sharp sebab produk ini memiliki tidak sedikit keunggulan daripada produk-produk yang lain. Apalagi nama Sharp telah tidak butuh diragukan lagi. Karena harganya cukup mahal, saya telah rencanakan guna menabung supaya bulan depan dapat membeli Sharp Plasmacluster Mite Catcher , tapi bila ada teman-teman yang mau menyerahkan produk ini ke saya, saya bakal dengan paling mau menerima dengan tangan tersingkap :) Dan tentunya nanti bakal saya review di Blog saya ini pun hehehe. En, bikin teman-teman yang sudah melakukan pembelian dan memakai produk ini, share pengalaman anda di comment tulisan ini ya :)

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara memilih springbed yang cocok untuk hunian anda